Search This Blog

Taufik Kurniawan Mangkir dari Panggilan KPK

Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan mangkir dari panggilan pemeriksaan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kamis (1/11). Taufik sedianya diperiksa sebagai tersangka suap pengurusan Dana Alokasi Khusus (DAK) Kabupaten Kebumen tahun anggaran 2016.

"Pagi ini PH dari TK (Taufik Kurniawan) datang membawa surat permintaan penjadwalan ulang," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah lewat pesan singkat, Kamis (1/11).

Febri juga menambahkan, pihak Taufik belum bisa memastikan penjadwalan ulang terhadap wakil ketua umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu. Febri mengaku masih menunggu keputusan dari penyidik yang menangani perkara dugaan suap tersebut.

"Bagaimana keputusan dari penyidik, nanti kami informasikan lagi," ujarnya.

Sementara itu, kuasa hukum Taufik, Arifin Harahap membenarkan kliennya tak bisa memenuhi panggilan penyidik KPK. Arifin menyebut Taufik turun ke daerah pemilihan (Dapil) dalam masa reses DPR.

"Ini kan kemarin reses, penutupan persidangan oleh ketua DPR. Sedang ke Dapil, ke Dapil beliau," kata dia di gedung KPK.

Diketahui Taufik menjadi anggota DPR dari Dapil Jawa Tengah VII yang meliputi Kabupaten Purbalingga, Banjarnegara dan Kebumen. Sudah tiga periode politikus PAN itu duduk sebagai wakil rakyat.

Arifin melanjutkan bahwa pihaknya meminta waktu pemeriksaan terhadap Taufik dilakukan pada Kamis 8 November 2018. Dia mengklaim bahwa kliennya tak bisa meninggalkan tugas kenegaraan untuk turun ke Dapil.

"Kami pastikan tanggal 8 akan hadir Pak Taufik ke KPK," ujarnya.

KPK menetapkan Taufik sebagai tersangka suap terkait perolehan anggaran DAK Kabupaten Kebumen yang bersumber dari APBN Perubahan tahun anggaran 2016. Taufik diduga membantu perolehan anggaran itu.

Taufik Kurniawan Mangkir dari Panggilan KPKFoto: CNN Indonesia/Andry Novelino

Dia diduga menerima Rp3,65 miliar dari Bupati nonaktif Kebumen Muhamad Yahya Fuad.

Setelah adanya penyerahan uang, dalam pengesahan APBN Perubahan tahun anggaran 2016, Kabupaten Kebumen mendapat alokasi DAK tambahan sebesar Rp93,37 miliar. DAK itu direncanakan digunakan untuk pembangunan jalan dan jembatan di Kabupaten Kebumen.

Proses penyelidikan terhadap Taufik telah dilakukan sejak Agustus 2018. Dia telah diminta keterangan saat proses penyelidikan pada awal September 2018. Taufik pun telah dicegah berpergian keluar negeri untuk enam bulan ke depan sejak Jumat pekan lalu. (fra/ain)

Let's block ads! (Why?)


November 01, 2018 at 06:49PM
via CNN Indonesia https://ift.tt/2Jtdvo8
RSS Feed

If New feed item from http://ftr.fivefilters.org/makefulltextfeed.php?url=https%3A%2F%2Fwww.cnnindonesia.com%2Frss&max=3, then Send me an em


Unsubscribe from these notifications or sign in to manage your Email Applets.

IFTTT


Bagikan Berita Ini

0 Response to "Taufik Kurniawan Mangkir dari Panggilan KPK"

Post a Comment

Powered by Blogger.