Search This Blog

Gojek Kabarnya Kumpulkan Pendanaan Baru Rp22,7 T

Jakarta, CNN Indonesia -- Gojek dikabarkan tengah meyelesaikan negosiasi untuk pendanaan baru yang menartetkan total dana terkumpul senilai US$1,5 miliar atau setara dengan Rp22,7 triliun. Pendanaan baru ini diperkirakan akan melejitkan valuasi perusahaan tersebut jadi US$9 miliar.

Hal ini diungkap oleh sumber anonim The Information, Gojek telah bernegosiasi untuk mendapat pendanaan baru selama berbulan-bulan. Saat ini Gojek tengah berada di tahap akhir dari negosiasi tersebut. Berdasarkan data Crunchbase, putaran pendanaan anyar ini adalah seri corporate round Gojek.

"Jika ada lebih banyak investor yang berpartisipasi," maka valuasi perusahaan akan melejit jadi ratusan triliun senilai US$9 miliar (Rp135,6 triliun) atau lebih, jelas sumber anonim tersebut, seperti dilaporkan e27

CNNIndonesia.com telah menghubungi pihak Gojek untuk mengonfirmasi pemberitaan ini.

Dari pendanaan seri E sebelumnya, Gojek telah mendapat guyuran dana dengan total US$1,2 miliar. Gelontoran dana itu membuat nilai perusahaan ini meroket ke angka Rp4,5 miliar.

Pendanaan seri E pada putaran sebelumnya, terutama didapat dari para investor dari pendanaan seri sebelumnya yaitu Google, Tencent, dan JD. Meski demikian, ada juga investor-investor anyar yang ikut mengucurkan pendanaannya untuk Gojek seperti grup Djarum misalnya.

Gojek juga disebutkan bahwa lewat pendanaan baru ini pihaknya akan memperdalam aliansi dan mencari kolaborasi bisnis dengan rekanan strategisnya.

Belakangan Gojek juga terus melakukan ekspansi bisnis dengan agresif meluaskan layanannya di Asia Tenggara, salah satunya di Vietnam dengan Go-Viet dan Thailand dengan GET.

Jika Gojek berhasil mendapat investor dengan guyuran dana sesuai yang ditargetkan, maka nilai valuasi Gojek akan makin mendekati Grab yang saat ini perusahaannya ditakar senilai US$11 miliar.

Valuasi ini naik dari setelah Grab juga diperkirakan mengincar pendanaan baru dengan total US$3 miliar di akhir 2018 dari putaran pendanaan terbarunya. Saat ini perusahaan itu baru mendapat US$2 miliar, seperti disebutkan Chairman Grab Ming Maa Agustus lalu, seperti dilaporkan VulcanPost

Gojek dan Grab tengah dalam kompetisi untuk menjadi SuperApp bagi konsumen mereka di Asia Tenggara. Bukan cuma Grab dan Gojek yang berambisi jadi SuperApp, Bukalapak dan Tokopedia juga tengah mengincar predikat yang sama di pasar Indonesia.

SuperApp adalah aplikasi dimana pengguna bisa menemukan semua yang mereka butuhkan dalam kehidupan sehari-hari dalam satu aplikasi saja. (eks/eks)

Let's block ads! (Why?)


November 01, 2018 at 03:45PM
via CNN Indonesia https://ift.tt/2DhQLHN
RSS Feed

If New feed item from http://ftr.fivefilters.org/makefulltextfeed.php?url=https%3A%2F%2Fwww.cnnindonesia.com%2Frss&max=3, then Send me an em


Unsubscribe from these notifications or sign in to manage your Email Applets.

IFTTT


Bagikan Berita Ini

0 Response to "Gojek Kabarnya Kumpulkan Pendanaan Baru Rp22,7 T"

Post a Comment

Powered by Blogger.