Search This Blog

Sempat Mangkir, Taufik Kurniawan Penuhi Panggilan KPK

Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan memenuhi panggilan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jumat (2/11). Politikus Partai Amanat Nasional itu hadir setelah sehari sebelumnya mangkir dari panggilan penyidik.

Tersangka suap Dana Alokasi Khusus (DAK) Kabupaten Kebumen itu datang sekitar pukul 09.00 WIB. Taufik mengenakan kemeja batik dengan peci hitam.

"Tersangka TK (Taufik Kurniawan) datang ke KPK. Saat ini sedang di ruangan pemeriksaan," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah lewat pesan singkat, Jumat (2/11).


Kepada wartawan, Taufik irit bicara saat tiba di markas antirasuah. Kendati demikian, ditegaskan Taufik, dia mengaku akan mengikuti proses hukum ini dengan kooperatif.

"Saya akan ikuti proses hukum dengan baik," ujar Taufik sambil terus berjalan masuk ke dalam lobi Gedung KPK.

Sebelumnya, Taufik mangkir dari panggilan penyidik KPK, Kamis (1/11). Kuasa hukum Taufik, Arifin Harahap mengatakan kliennya tak bisa memenuhi panggilan pemeriksaan lantaran tengah turun ke daerah pemilihan (dapil) saat masa reses DPR.

Taufik menjadi anggota DPR dari Dapil Jawa Tengah VII yang meliputi Kabupaten Purbalingga, Banjarnegara dan Kebumen. Sudah tiga periode politikus PAN itu duduk sebagai wakil rakyat.


Dalam kasus ini, Taufik ditetapkan sebagai tersangka suap pengurusan DAK Kabupaten Kebumen tahun anggaran 2016. Taufik diduga menerima Rp3,65 miliar dari Bupati nonaktif Kebumen Muhamad Yahya Fuad.
Sempat Mangkir, Taufik Kurniawan Penuhi Panggilan KPKBupati nonaktif Kebumen Muhamad Yahya Fuad, (CNN Indonesia/Andry Novelino)

Setelah adanya penyerahan uang, dalam pengesahan APBN Perubahan tahun anggaran 2016, Kabupaten Kebumen mendapat alokasi DAK tambahan sebesar Rp93,37 miliar. DAK itu direncanakan digunakan untuk pembangunan jalan dan jembatan di Kabupaten Kebumen.

Proses penyelidikan terhadap Taufik telah dilakukan sejak Agustus 2018. Dia telah diminta keterangan saat proses penyelidikan pada awal September 2018. Taufik pun telah dicegah berpergian keluar negeri untuk enam bulan ke depan sejak Jumat pekan lalu.

(fra/ain)

Let's block ads! (Why?)


November 02, 2018 at 06:16PM
via CNN Indonesia https://ift.tt/2Ru26Y3
RSS Feed

If New feed item from http://ftr.fivefilters.org/makefulltextfeed.php?url=https%3A%2F%2Fwww.cnnindonesia.com%2Frss&max=3, then Send me an em


Unsubscribe from these notifications or sign in to manage your Email Applets.

IFTTT


Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sempat Mangkir, Taufik Kurniawan Penuhi Panggilan KPK"

Post a Comment

Powered by Blogger.