Search This Blog

Jaga Jarak Aman Mengemudi Saat Hujan Deras

Jakarta, CNN Indonesia -- Musim hujan telah tiba membuat jalanan licin dan juga jarak pandang terbatas. Para pengguna mobil pun harus mulai bersiap-siap agar tak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Diketahui, mengemudikan mobil saat hujan deras lebih berisiko daripada saat cuaca normal. Hal demikian tentu akan memaksa pengemudi harus lebih berkonsentrasi selain memperbaiki cara mengemudi supaya lebih aman dan nyaman.

Langkah pertama yang perlu diperhatikan adalah menjaga jarak aman kendaraan dan jangan ugal-ugalan. Poin ini paling penting karena sangat membantu kita berkendara aman saat hujan deras.

Untuk diingat, ketika hujan mulai turun, kemampuan penglihatan pengemudi tidak setajam sedang berkendara di cuaca cerah. Selain itu masalah yang muncul adalah kemampuan sistem rem berkurang karena permukaan disc brake basah. Alhasil jarak pengereman akan tiga kali lebih panjang ketika jalan sedang basah.

Dalam kondisi jalanan yang licin serta penglihatan berkurang ini bisa sangat memicu terjadinya kecelakaan. Akan lebih baik setiap pengemudi mengatur emosi di tengah kondisi hujan deras untuk mengantisipasi jarak saat reaksi mobil di depan rem mendadak di permukaan jalan yang licin.

Adapun jarak aman yang paling disarankan oleh pihak kepolisian adalah:

Kecepatan Kendaraan
(kilometer per jam)
Jarak Minimal Jarak Aman
30 km per jam 15 meter 30 meter
40 km per jam 20 meter 40 meter
50 km per jam 25 meter 50 meter
60 km per jam 40 meter 60 meter
70 km per jam 50 meter 70 meter
(mik)

Let's block ads! (Why?)


November 06, 2018 at 09:58PM
via CNN Indonesia https://ift.tt/2QnuLhe
RSS Feed

If New feed item from http://ftr.fivefilters.org/makefulltextfeed.php?url=https%3A%2F%2Fwww.cnnindonesia.com%2Frss&max=3, then Send me an em


Unsubscribe from these notifications or sign in to manage your Email Applets.

IFTTT


Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jaga Jarak Aman Mengemudi Saat Hujan Deras"

Post a Comment

Powered by Blogger.