Search This Blog

Ketua DPRD DKI Minta Gerindra dan PKS Segera Putuskan Wagub

Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi meminta Gerindra dan PKS segera memutuskan siapa nama yang diusung menjadi calon Wakil Gubernur DKI Jakarta ke DPRD.

Hal itu menanggapi surat yang dikirimkan oleh Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, Sumarsono kepada dirinya selaku Ketua DPRD DKI. Surat tersebut diketahui juga dikirimkan kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Saya sudah minta percepat apalagi surat dari pak Sumarsono (Dirjen Otda) dikirim ke kami, nah pak gubernur juga terkirim," kata Prasetio di Gedung DPRD DKI, Selasa (6/11).

Prasetio menyampaikan jabatan Anies sebagai Gubernur DKI Jakarta masih panjang, yakni hingga 2022. Dengan masih panjangnya masa jabatan tersebut, kata dia, Anies perlu segera mendapatkan pendamping sehingga kerja di pemerintahan bisa dibagi-bagi dengan wakilnya.

"Pak Gubernur sendiri saya rasa kesulitan untuk menangani sendiri," ujarnya.


Senada, Dirjen Otonomi Daerah Sumarsono mengatakan jabatan wagub DKI itu perlu segera diisi untuk mengurangi beban Anies selaku gubernur dalam menjalankan roda pemerintahan di Jakarta.

"Bila tidak Pak Gubernurnya terlalu berat bebannya, terutama beban koordinasi dan protokolernya jika harus dihadiri sendiri dan tidak bisa dibagi tugas karena absennya wagub," tutur Sumarsono lewat pesan singkat kepada CNNIndonesia.com, Selasa (6/11).

Lebih dari itu, Sumarsono mengungkapkan hingga saat ini pihaknya belum menerima surat balasan atau jawaban dari Anies atas surat yang telah ia kirimkan pada 2 November lalu dengan nomor surat 122.31/8779/OTDA.


Surat itu menjadi imbauan dari Kemendagri agar pengisian jabatan posisi wagub DKI segera diisi. Apalagi, DKI Jakarta merupakan Ibu Kota Negara sebagai pusat pemerintahan dengan dinamika pemerintahan yang sangat tinggi, disarankan untuk segera melaksanakan pengisian jabatan wakil gubernur tersebut.

"Belum (ada jawaban), kita menunggu," ujarnya.

Ketua DPRD DKI Minta Pergantian Posisi Wagub DisegerakanM Taufik ikhlaskan kursi wagub DKI untuk PKS. Foto: CNN Indonesia/Bimo Wiwoho

Sebelumnya, DPD Gerindra DKI dan DPW PKS DKI telah sepakat jika kursi Wagub DKI diserahkan kepada PKS. Kesepakatan muncul usai kedua partai menggelar pertemuan terkait hal tersebut, Senin (5/11) sore.

Kesepakatan itu selaras dengan komitmen Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto yang telah berjanji menyerahkan kursi wagub kepada PKS.

"Kami sepakat bahwa Gerindra DKI Jakarta akan mengamankan kebijakan Ketua Umum Prabowo berkaitan dengan pengisian wagub DKI," kata Ketua DPD Gerindra DKI Mohamad Taufik.

Untuk teknisnya, nantinya Gerindra dan PKS akan membentuk sebuah badan bersama yang nantinya bertugas melakukan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) kepada calon wagub.

(dis/ain)

Let's block ads! (Why?)


November 06, 2018 at 04:20PM
via CNN Indonesia https://ift.tt/2PdiyiV
RSS Feed

If New feed item from http://ftr.fivefilters.org/makefulltextfeed.php?url=https%3A%2F%2Fwww.cnnindonesia.com%2Frss&max=3, then Send me an em


Unsubscribe from these notifications or sign in to manage your Email Applets.

IFTTT


Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ketua DPRD DKI Minta Gerindra dan PKS Segera Putuskan Wagub"

Post a Comment

Powered by Blogger.